F Solusi Web Dinamis Dengan PHP Bag II ~ Dagelan IT

Kamis, 28 Juni 2012

Solusi Web Dinamis Dengan PHP Bag II

Saatbnya kita mulai pembelajaran selanjutnya.

Mula-mula komputer / laptop anda sudah harus tersedia local server, yang bisa digunakan adalah Server untuk localhost berbasis open source, seperti Apache2triad, PHPTriad, Xampp, Wamp.

untuk tutorial kali ini, saya menggunakan Xampp, dengan penggunaan yang lebih mudah.


Instalasi XAMPP pada Windows
XAMPP menginstal Apache, PHP, MySQL, phpMyAdmin, dan beberapa alat lainnya pada komputer Anda dalam satu operasi. Selain dari waktu yang dibutuhkan untuk men-download, proses instalasi biasanya memakan waktu kurang dari lima menit. Setelah itu telah terinstal, Anda perlu mengubah beberapa engaturan, tetapi perubahan yang paling dapat dibuat melalui antarmuka web.
XAMPP isn t 􀀁 hanya semua-dalam-satu paket. Dua lainnya adalah WampServer (www.wampserver.com/en/) dan
EasyPHP (www.easyphp.org). Mereka semua menginstal perangkat lunak Anda perlu mengembangkan PHP. Perbedaan utama terletak pada antarmuka yang mereka berikan untuk mengontrol web server dan database.
Instruksi berikut menjelaskan cara menginstal XAMPP:
Download Xampp di : http://www.apachefriends.org/en/xampp-windows.html

Setelah mendownload xampp, jalankan program xamp tsb.

Double klik atau jalankan klik kanan lalu klik Run.

Klik Ok.

Klik Next.

Klik Next.
Pilih Install Apache as service dan Install MySQL as service, jika Filezilla ftp server ingin diinstall juga sebagai service pilih juga. Lalu klik Install.

Setelah instalasi selesai, muncul message berikut :

Klik Finish, dan kemudian muncul message box berikut :

Klik Ok.

Klik Yes, jika ingin segera menjalankan XAMPP Control Panel.
Instalasi XAMPP 1.6.6 selesai dilakukan.
Tampilan XAMPP Control Panel.
Setingan pada kontrol panelnya cukup sederhana. Pada bagian Svc ada bagian yang tanpa centang, itu tandanya service dari Aplikasi belum terinstal pada windows. Agar Service terinstall pada Windows Services, klik pada bagian Svc.
Untuk start/stop service tinggal klik pada tombol Start/Stop.
Jika ingin melakukan administrasi, klik pada tombol Admin…, basisnya adalah web untuk Apache(web server), sedang mysql(database) dan filezilla(ftp server) maupun Mercury(smtp mail server) berbasis klien software.
Untuk masuk ke system file dari xampp, klik pada tombol Explore…
Berikut tampilan web administrasi pada Xampp.

Bila kita mau kontrol panel xampp sebagai service di Windows, klik pada tombol Service pada kontrol panel Xampp.

SCM adalah link ke Services Windows.


Instalasi PHP dengan Web Platform Installer Microsoft
Jika Anda perlu menggunakan IIS bukan Apache, cara termudah untuk menginstal PHP dengan Web Platform Microsoft Installer (Web PI). PI Web secara otomatis men-download versi yang benar dari PHP dan mengintegrasikan ke dalam Anda IIS server. Pada saat penulisan ini, Web PI doesn 􀀁 dukungan MySQL t atau phpMyAdmin, sehingga Anda perlu menginstal secara terpisah sesudahnya. Jika Anda haven 􀀁 t belum terinstal IIS atau kerangka. NET, Web PI dapat menginstal mereka pada saat yang sama dengan PHP.

  1. Download PI web dari www.microsoft.com / web / download / platform.aspx. Jika Anda menggunakan Internet Explorer, klik Jalankan untuk menginstalnya. Jika tidak, simpan file exe. Untuk lokal Anda komputer, dan klik dua kali untuk menginstal PI Web. Anda harus tetap online, karena PI Web terhubung ke Microsoft untuk menemukan yang paling up-todate komponen dan kemudian bertanya mana yang Anda ingin menginstal.
  2. Pilih Web Platform dari menu di sebelah kiri. Untuk memilih komponen yang ingin Anda instal, klik link Customize di bagian yang relevan. IIS dan ASP berada di Web Server bagian. PHP dan ASP.NET berada di Kerangka dan bagian Runtimes.
  3. Pada saat penulisan ini, bagian database hanya mendukung Microsoft SQL Server. jika Anda ingin menggunakan database ini bukan MySQL, Anda juga perlu memilih Microsoft SQL Server Driver untuk PHP.
  4. Setelah Anda membuat pilihan Anda, klik Install. PI Web mendownload diperlukan komponen dan menginstal mereka pada komputer Anda. 
  5. Ketika instalasi selesai, jalankan browser, ketik http://localhost/ alamat bar, dan tekan Enter. Pada Windows 7, Windows Vista, dan versi terbaru lainnya dari Windows, Anda akan melihat halaman selamat datang IIS.
  6. Jika ini adalah pertama kalinya Anda telah menginstal IIS, Anda perlu mengubah hak akses pada folder di mana toko IIS website:

  • Pada Windows Explorer, cari C: \ Inetpub \ wwwroot, klik kanan, dan pilih Properties.
  • Pilih tab Security, lalu klik Edit.
  • Dalam Kelompok Atau Pengguna bagian Nama di bagian atas panel, pilih IIS_IUSRS, dan pilih kotak centang Izinkan untuk izin Tulis di lebih rendah setengah dari panel.
  • Klik OK dua kali untuk menutup Permissions dan panel Properti

Dimana mencari file PHP Anda?
Anda perlu membuat file Anda di lokasi di mana server web dapat memproses mereka. Biasanya, ini berarti
bahwa file harus berada dalam server  dokumen root atau subfolder dari document root. default
lokasi document root untuk setup paling umum adalah sebagai berikut:
• XAMPP: C: \ xampp \ htdocs
• WampServer: C: \ wamp \ www
• EasyPHP: C: \ EasyPHP \ www
• IIS: C: \ Inetpub \ wwwroot
• MAMP: Macintosh HD: Aplikasi: MAMP: htdocs
Untuk melihat halaman PHP, Anda perlu memuat dalam sebuah browser menggunakan URL. URL untuk web server 􀀁 s dokumen root di lingkungan pengujian lokal Anda http://localhost/.
Jika Anda menyimpan file untuk buku ini dalam subfolder dari document root disebut phpsols, URL adalah
http://localhost/phpsols/ diikuti dengan nama folder (jika ada) dan file.
Jika server web Anda menggunakan port yang tidak standar, tambahkan nomor port diawali dengan tanda titik setelah localhost.
Misalnya, jika Anda menginstal MAMP dan memutuskan untuk tidak menggunakan default port Apache dan MySQL, gunakan http://localhost:8888/ bukan http://localhost/.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls